Skip to main content

Kemang, Si Langka dengan Khasiat Luar Biasa

Pagi Ahad di pasar Minangkabau Dalam, saya melihat ada buah yang tak biasa di lapak si akang.
"Buah apa ini Kang?" tanya saya  penasaran sembari mengamati buah berkulit warna kekuningan itu. "Hmm, baunya tajam mirip bau buah durian.Wangiii banget!"
"Ooh, itu buah Kemang Neng," jelas Si Akang.
"Waah, jadi ini toh buah Kemang yang terkenal itu?" saya langsung tertarik karenanya. "Harganya berapaan, Kang?"
"Ambil aja, lima ribu dua," jawab Si Akang. Dia bergegas menyiapkan selembar kantong plastik untuk wadah Si Kemang. 
"Oh, gak usah Kang, saya bawa tas belanjaan sendiri," tolak saya. "Saya beli dua aja ya, Kang. Mau nyoba dulu. Rasanya seperti apa, gitu."
"Ooh, ya boleh Neng."




Demikianlah kisah perkenalan pertamaku dengan si buah Kemang. 

Selama ini yang kukenal hanyalah kata Kemang yang berasal dari nama wilayah Kemang.Sebuah wilayah yang banyak tempat kongkow-kongkownya di Jakarta.

Setelah dicicipi sesampainya di rumah, buah Kemang ini ternyata rasanya asem seger! Padahal daging buahnya mirip daging buah pir. Kulitnya juga mirip. 

Namun demikian, ternyata si Kemang ini masuk dalam kelas mangga. Ini menurut para ahli lho. Semoga aja dia gak salah masuk kelas yaa. Hehe :D  

Tapi, ini menurut Kang Wiki lho. Dan ternyata setelah aku cek dan ricek  lagi. Oalaah, buah kemang yang kucicipi ini ternyata termasuk dalam kategori buah kemang muda. Karena ternyata buah kemang yang sudah matang warna kulitnya itu bukan kuning muda tapi malah agak kecoklatan! Dan rasanya gak seasem daging buah kemang muda.


Bahkan biji si kemang muda bisa diiris-iris dan dimakan dengan bumbu rujak lho. Dan selain biji buah kemang muda, ternyata pucuk daun kemang juga bisa dijadikan lalapan.

Khasiat Buah Kemang
Setiap yang diciptakan oleh Allah swt. so pasti ada gunanya. Nah demikian pula halnya dengan si kemang ini. Khasiatnya antara lain :

FOSFOR
Buah kemang yang seger ini kaya akan vitamin c dan fosfor. Fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi kita. Baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaannya.Termasuk dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Fosfor juga dibutuhkan dalam menjaga  kesehatan fungsi otak dan ginjal.plus fosfor juga  bermanfaat untuk menambah stamina tubuh kita

VITAMIN C 
Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan demi kecantikan kulitnya, banyak selebritis kita yang rela melakukan suntik vitamin C agar bisa mendapatkan kulit cantik dengan cara instan. 

Nah, dengan rajin mengosumsi buah kemang ini, impian akan kulit cantik tentu bisa terwujud. Karena vitamin C berfungsi sebagai salah satu senyawa pembentuk  kolagen. Kolagen inilah yang sangat penting untuk mencegah kulit keriput dan menghaluskan kulit. 

Masih banyak fungsi lain dari vitamin C untuk tubuh. Misalnya untuk mempercepat menutup luka, dan berbagai fungsi lainnya. So, ga ada salahnya kan jika  kita ikut melestarikan ketersediaan buah kemang yang mulai langka ini;)   

Comments

  1. Baru tahu ada buah namanya buah kemang. ternyata khasiatnya banyak ya.

    ReplyDelete
  2. Wah...buah kemang yang asem itu ternyata mengandung fosfor juga ya? Kalo di tempat tinggalku buah kemang ini sering dibuat sambal.. Citarasa sambalnya enak sekali..asam2 segar dan menerbitkan selera makan lho... Memang buah kemang sudah jarang ditemui dan mulai langka keberadaannya.. Mungkin karena batang pohonnya yang tinggi besar sehingga orang enggan menanam di pekarangan... Padahal buah kemang ini asli Indonesia lho..

    ReplyDelete
  3. Sambel buah kemang? wow, seru banget! Bagi resepnya dong mak Rita :D

    ReplyDelete
  4. Ehh??? Aku belum pernah tahu buah ini. Kok di Kepanjen gak ada, ya? :( Penasaran ....

    ReplyDelete
  5. di daerah rmh sy di bogor masih bnyk, pas klo. musim wow ngerujak siang hari

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Serum dalam Perawatan Kulit, Pentingkah?

  Dear ladies, kesibukan dalam keseharian di rumah mengurus keluarga maupun di luar rumah tentu saja berpengaruh dalam ritne atau jatah waktu untuk memberikan perhatian pada perawatan kulit kita. Namun, tentu saja kita harus tetap peduli dong pada perawatan diri sendiri. Termasuk update informasi terkait produk apa saja yang bagus untuk perawatan kulit kita. Misalnya terkait topik skincare dan serum. Penggunaan skincare dan serum dalam perawatan kulit sekarang ini seakan menjadi suatu hal yang jamak dalam khazanah perawatan kulit di Indonesia. Sesuatu hal yang mungkin beberapa waktu lalu mungkin masih jarang terdengar di telinga kita.Ladies pun mungkin bertanya-tanya mengapa serum bisa menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit kita di saat sekarang. Nah, jawabannya sebenarnya sederhana. Karena, menurut hasil riset para ahli terkait, serum memiliki sejumlah keunggulan yang sayang kalau kita lewatkan. Berikut pemaparannya,  a.       Serum   mampu menyerap lebih dalam

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?