Skip to main content

Kemang, Si Langka dengan Khasiat Luar Biasa

Pagi Ahad di pasar Minangkabau Dalam, saya melihat ada buah yang tak biasa di lapak si akang.
"Buah apa ini Kang?" tanya saya  penasaran sembari mengamati buah berkulit warna kekuningan itu. "Hmm, baunya tajam mirip bau buah durian.Wangiii banget!"
"Ooh, itu buah Kemang Neng," jelas Si Akang.
"Waah, jadi ini toh buah Kemang yang terkenal itu?" saya langsung tertarik karenanya. "Harganya berapaan, Kang?"
"Ambil aja, lima ribu dua," jawab Si Akang. Dia bergegas menyiapkan selembar kantong plastik untuk wadah Si Kemang. 
"Oh, gak usah Kang, saya bawa tas belanjaan sendiri," tolak saya. "Saya beli dua aja ya, Kang. Mau nyoba dulu. Rasanya seperti apa, gitu."
"Ooh, ya boleh Neng."




Demikianlah kisah perkenalan pertamaku dengan si buah Kemang. 

Selama ini yang kukenal hanyalah kata Kemang yang berasal dari nama wilayah Kemang.Sebuah wilayah yang banyak tempat kongkow-kongkownya di Jakarta.

Setelah dicicipi sesampainya di rumah, buah Kemang ini ternyata rasanya asem seger! Padahal daging buahnya mirip daging buah pir. Kulitnya juga mirip. 

Namun demikian, ternyata si Kemang ini masuk dalam kelas mangga. Ini menurut para ahli lho. Semoga aja dia gak salah masuk kelas yaa. Hehe :D  

Tapi, ini menurut Kang Wiki lho. Dan ternyata setelah aku cek dan ricek  lagi. Oalaah, buah kemang yang kucicipi ini ternyata termasuk dalam kategori buah kemang muda. Karena ternyata buah kemang yang sudah matang warna kulitnya itu bukan kuning muda tapi malah agak kecoklatan! Dan rasanya gak seasem daging buah kemang muda.


Bahkan biji si kemang muda bisa diiris-iris dan dimakan dengan bumbu rujak lho. Dan selain biji buah kemang muda, ternyata pucuk daun kemang juga bisa dijadikan lalapan.

Khasiat Buah Kemang
Setiap yang diciptakan oleh Allah swt. so pasti ada gunanya. Nah demikian pula halnya dengan si kemang ini. Khasiatnya antara lain :

FOSFOR
Buah kemang yang seger ini kaya akan vitamin c dan fosfor. Fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi kita. Baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaannya.Termasuk dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Fosfor juga dibutuhkan dalam menjaga  kesehatan fungsi otak dan ginjal.plus fosfor juga  bermanfaat untuk menambah stamina tubuh kita

VITAMIN C 
Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan demi kecantikan kulitnya, banyak selebritis kita yang rela melakukan suntik vitamin C agar bisa mendapatkan kulit cantik dengan cara instan. 

Nah, dengan rajin mengosumsi buah kemang ini, impian akan kulit cantik tentu bisa terwujud. Karena vitamin C berfungsi sebagai salah satu senyawa pembentuk  kolagen. Kolagen inilah yang sangat penting untuk mencegah kulit keriput dan menghaluskan kulit. 

Masih banyak fungsi lain dari vitamin C untuk tubuh. Misalnya untuk mempercepat menutup luka, dan berbagai fungsi lainnya. So, ga ada salahnya kan jika  kita ikut melestarikan ketersediaan buah kemang yang mulai langka ini;)   

Comments

  1. Baru tahu ada buah namanya buah kemang. ternyata khasiatnya banyak ya.

    ReplyDelete
  2. Wah...buah kemang yang asem itu ternyata mengandung fosfor juga ya? Kalo di tempat tinggalku buah kemang ini sering dibuat sambal.. Citarasa sambalnya enak sekali..asam2 segar dan menerbitkan selera makan lho... Memang buah kemang sudah jarang ditemui dan mulai langka keberadaannya.. Mungkin karena batang pohonnya yang tinggi besar sehingga orang enggan menanam di pekarangan... Padahal buah kemang ini asli Indonesia lho..

    ReplyDelete
  3. Sambel buah kemang? wow, seru banget! Bagi resepnya dong mak Rita :D

    ReplyDelete
  4. Ehh??? Aku belum pernah tahu buah ini. Kok di Kepanjen gak ada, ya? :( Penasaran ....

    ReplyDelete
  5. di daerah rmh sy di bogor masih bnyk, pas klo. musim wow ngerujak siang hari

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Bagaimana Mengajar Anak Menulis Cerita Anak 2

Dear moms, lanjut ya topik kita terkait bagaimana cara mengajar anak bagaimana menulis cerita fiksi. Mengajar anak menulis cerita anak bisa mudah dan bisa susah, itu semua tergantung pada mindset kita sebagai orangtua dan bekal apa yang sudah kita beri pada anak kita sejak mereka lahir.   Gak masalah kok walau kita hanya seorang ibu rumah tangga bukan seorang penulis. Selama kita punya keinginan mulia untuk mendidik anak kita bisa menulis cerita, insha Allah kita harus yakin bahwa semua niat baik akan dimudahkan Allah subhanahu wa ta’ala. Moms, berdasarkan pengalaman saya, modal yang paling utama itu adalah sabar dan konsisten. Dengan kesabaran dan kasih sayang maka anak akan merasa nyaman dan tidak merasa ‘dipaksa’.   ToMaSS dan ATA Berdasarkan pengalaman saya sebagai pengajar di kelas menulis untuk anak-anak usia sekolah dasar, saya kemudian berusaha menyederhanakan cara belajar menulis cerita fiksi untuk anak. Saya merumuskannya dalam dua “rumus” versi saya yaitu ToMaSS

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi. Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi. Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri. Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi , maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik. Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaim