Skip to main content

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com
Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek.
Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter.

Chloramphenicol
Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah.
Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang bermasalah cuma pada bagian mata saja. Aku juga disarankan untuk mengenakan kacamata saat keluar rumah dan menghindari penyebab mataku menjadi gatal-gatal.
Nah ini dia nih obatnya.

                          Image:bukalapak.com
Chlorampehicol ini ternyata termasuk ke dalam golongan antibiotik. Gunanya untuk mengobati infeksi bakteri. Jadi dia bekerja untuk menghentikan pertumbuhan bakteri pada mata.
Obat ini harus diteteskan sebanya 3 tetes 3 kali sehari. Obat tetes ini juga harus disimpan pada suhu dibawah 25 derajat celcius dan dalam kondisi kering.
Nah setelah kuteteskan, terasa adem pada kedua belah mata. Tapi tak berapa lama pengaruh obatnya terasa ke dalam rongga hidung dan berakhir pada rasa pahit di lidah. Pahit banget euy!
Jadinya ada rasa takut karena ini kan obat tetes masa kerasa sampe ke lidah sih?  

Mengapa Diteteskan Di Mata Malah Terasanya Di Lidah?
Karena masih awam apalagi seumur hidup baru sekali ini pake obat tetes mata. Akhirnya aku cari tahu mengapa obat yang diteteskan di mata malah terasanya di lidah? Takut tertelan lalu keracunan nanti. Kan gawat tuh!
Nah, ternyata penjelasannya begini. Obat tetes mata yang berbentuk cair itu bisa jadi masuk ke dalam saluran air mata di sudut mata terus mengalir deh sampai ke bagian belakang dalam hidung dan terus sampai ke tenggorokan. Aliran inilah yang terasa pahit di pangkal lidah.
Dokter bilang sih selagi masih menggunakan obat tetes tersebut sesuai petunjuk dokter maka akan baik-baik saja. Hindari menggunakan obat tetes mata tanpa resep dokter apalagi kalau dosisnya sudah diluar dosis normal.

Ya, siapa sih yang nggak ingin cepat sembuh. Tapi semua kan ada prosesnya. Alhamdulillah sekarang mataku sudah mulai membaik kondisinya.  

Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Asyiknya Seminar Ryan Filbert Bareng Tokopedia

Sudah lama juga nih, aku ga ikut seminar. Beruntung sekali ada undangan dari Tokopedia. Seminar ini tentang "Creating the Retirement of Your Dreams Emas VS Reksa Dana bersama Ryan Filbert. Pas banget aku harus menimba lebih banyak ilmu nih. Soalnya sebagai pekerja lepas, butuh banyak info nih bagaimana caranya bisa pensiun dengan layak di hari tua. Tapi aku ga akan membahas tentang sharing finansial Ryan dibaca rayyen ya. Soalnya beliau minta dipanggil rayyen bukan rian karena beliau bukan Ryan d Massiv atau Ryan lainnya. Okelah kalo begitu Mas Rayyen : D Nah, yang aku dapat dari silaturahmi berjejaring via seminar kali ini adalah: 1. Teman-teman baru. 2. Info-info seru info seru dan bermanfaat tentunya. 3. Bahagia bisa ngobrol  lepas dan berbagi info berguna. 4. Enjoying me time. 5. Waktu yang berkualitas. Yuk kita kulik satu persatu! Teman Teman Baru Hal paling menyenangkan saat datang ke sebuah acara adalah bertemu orang-orang yang sebelumnya kita belum pernah

10 Khasiat Daun Mint untuk Anda

Saat duduk di serambi sebuah villa di puncak saat sedang jalan-jalan, aku merasa sangat nyaman  berada dekat rimbunan tanaman menjalar berwarna hijau segar tanpa bunga. Awalnya masih belum yakin, tanaman apakah itu. Hingga mamang penjaga villa memberitahu bahwa itu adalah tanaman mint. Wow! Akhirnya, aku bisa melihat dan merasakah sendiri tanaman mint itu. Sensasinya beda dari tanaman herbal lainnya,baik dari segi aroma maupun rasanya yang segar banget saat dikunyah. Membuatku penasaran mengenai kandungan yang dimiliki oleh si daun mint ini. 10 Khasiat Daun Mint  1. Daun mint yang awalnya lebih dikenal di wilayah Eropa dan mediterania ini mengandung antioksidan yang mampu memberi rasa nyaman dan rileks. tak heran bila daun mint juga digunakan