Skip to main content

10 Khasiat Daun Mint untuk Anda

Saat duduk di serambi sebuah villa di puncak saat sedang jalan-jalan, aku merasa sangat nyaman  berada dekat rimbunan tanaman menjalar berwarna hijau segar tanpa bunga. Awalnya masih belum yakin, tanaman apakah itu. Hingga mamang penjaga villa memberitahu bahwa itu adalah tanaman mint.
Wow! Akhirnya, aku bisa melihat dan merasakah sendiri tanaman mint itu. Sensasinya beda dari tanaman herbal lainnya,baik dari segi aroma maupun rasanya yang segar banget saat dikunyah. Membuatku penasaran mengenai kandungan yang dimiliki oleh si daun mint ini.

10 Khasiat Daun Mint 
1. Daun mint yang awalnya lebih dikenal di wilayah Eropa dan mediterania ini mengandung antioksidan yang mampu memberi rasa nyaman dan rileks. tak heran bila daun mint juga digunakan
untuk aromaterapi di spa dan juga dalam sesi yoga.
2. Mungkin ada yang penasaran mengapadaun mint bisa memberi rasa dingin yang segar. Hal ini disebabkan karena daun mint mengandung antispasmodic, zat ini berkhasiat membantu mengendurkan otot dan syaraf yang tegang. Wajar  bila salep nyeri otot juga memiliki kandungan mint di dalamnya.
3. Daun mint mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.
4. Kandungan  vitamin E dan vitamin D di dalamnya sangat berguna untuk perbaikan  perbaikan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru.
5. Daun mint memiliki kandungan zat yang bisa mengatasi alergi pada kulit yang gatal-gatal karena  ulah jamur atau bakteri.  
6. Daun mint menjaga kesehatan sistim pencernaan kita karena kandungan fitonutrien dan antioksidan di dalamnya bahkan bisa meminimalisasi resiko kena kanker usus besar. 
7. Kadar antioksidan yang dimilikinya  membantu melawan efek buruk radikal bebas 
8. Daun mint juga membantu kita dalam merawat kesehatan mulut karena daun mint mengandung zat anti  inflamasi dan anti bakteri. Sehingga gigi akan terjaga dari kerusakan gigi permanen.                                                                                    
9. Daun mint mengandung mineral antara lain fosfor dan kalsium yang cukup membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi 
10. Daun mint bisa membantu memperbaiki selera makan yang buruk, terutama pada anak-anak yang susah makan 
masih banyak khasiat daun mint yang lainnya. Karena demikian banyak khasiatnya, wajarlah kalau daun mint akan selalu dicari dan dibutuhkan. 
Indonesia sebagai negeri beriklim tropis dan memiliki tanah yang subur memiliki peluang untuk membudidayakan tanaman mint ini karena nilai ekonominya yang tinggi.


Apakah tanaman mint bisa tumbuh di Indonesia? 
Ternyata tanaman mint bisa tumbuh di Indonesia, buktinya adalah tanaman mint yang saya bawa dari villa Ricky di puncak ini. Di sana daun  mint ini tumbuh subur.  Membuatku memutuskan untuk membawa bibitnya ke Jakarta. Agak kuatir juga apakah dia akan bisa tumbuh dengan baik sesampainya di Jakarta.
Dan ternyata bener saja, daun mint yang dengan susah payah kubawa dari puncak sampai pada akhir perjalannnya. Sedih :(  Namun aku akan coba tanam lagi. Sekarang mau berburu bibitnya dulu. Mau ikutan? ^__^


Comments

  1. bisa buat lalap juga klo di resto sunda ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di resto sunda biasanya kemangi mb Gustya :) Kemangi juga banyak khasiatnya, ga kalah dg daun mint ;)

      Delete
    2. Yang di resto sunda biasanya kemangi mb Gustya :) Kemangi juga banyak khasiatnya, ga kalah dg daun mint ;)

      Delete
  2. di rumah ortu ku ada pohon mint ini mbak, tetangga sering ambil, pohonnya subur banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa, beneran mb Tuty? Di daerah mana tuh? Kok bisa subur banget? Bagi tipsnya dong n fotonya jugaa. Hehe *terobsesidaunmint

      Delete
    2. Waa, beneran mb Tuty? Di daerah mana tuh? Kok bisa subur banget? Bagi tipsnya dong n fotonya jugaa. Hehe *terobsesidaunmint

      Delete
  3. Wiiih baru tahu kasiat daun mint banyak banget. Mau nyoba nyari juga ah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ayuk! Ga rugi nanem daun mint di rumah ^_^

      Delete
    2. Iya, ayuk! Ga rugi nanem daun mint di rumah ^_^

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…