Skip to main content

7 Tips Asyik Dekorasi Kamar Anak

sumber: etsy

Kamar anak bukan hanya sekadar tempat untuk tidur dan penyimpanan barang si kecil. Kamar merupakan space bagi si kecil, tempat di mana imajinasinya berkembang, dan kreativitas bisa semakin terpupuk. Oleh karena itu, dekorasi kamar anak memegang peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Artikel ini akan membahas berbagai jenis dekorasi kamar anak yang dapat menciptakan ruang yang kreatif, nyaman, dan penuh inspirasi.


1. Pemilihan Tema Dekorasi

Step awal saat hendak melakukan dekorasi kamar anak dapat dimulai dengan pemilihan tema yang menarik. Tema ini bisa didasarkan pada minat anak, seperti hewan, alam, bintang-bintang, atau karakter kartun favorit. Misalnya, sebuah kamar dengan tema luar angkasa dapat dihiasi dengan gambar-gambar planet, bintang, dan wahana antariksa. Hal ini tidak hanya memberikan tampilan visual yang menarik, tetapi juga merangsang imajinasi anak.

 

2. Dinding Interaktif

Dinding dapat menjadi kanvas untuk kreasi anak. Pengecatan dinding dengan cat papan tulis atau cat magnetik memberikan ruang untuk anak mengekspresikan diri mereka sendiri. Selain itu, dapat dipasang papan kreatif di dinding yang berfungsi sebagai tempat anak dapat menempelkan gambar-gambar atau menciptakan karya seni mereka sendiri. Dinding interaktif seperti ini tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga membangun keterampilan motorik anak.

 

sumber: etsy

3. Games Desain

Mengintegrasikan unsur permainan atau games dalam desain kamar anak adalah salah satu ide yang cukup brilian. Misalnya, tempat tidur tingkat dengan ruang bawahnya dapat diubah menjadi area bermain atau ruang baca yang nyaman. Meja belajar dapat dirancang dengan elemen-elemen yang dapat diubah menjadi papan permainan seperti catur atau tangram. Dengan cara ini, kamar anak tidak hanya menjadi tempat tidur, tetapi juga pusat kegiatan kreatif dan edukatif.

 

4. Pencahayaan yang Kreatif

Pencahayaan memiliki dampak besar pada suasana ruangan. Pilih lampu dengan desain yang menarik dan sesuai dengan tema kamar anak. Lampu-lampu yang dapat diatur intensitasnya juga penting untuk menciptakan suasana yang cocok untuk tidur atau kegiatan lainnya. Selain itu, lampu tidur yang berbentuk lucu atau unik dapat menjadi elemen dekoratif yang menyenangkan bagi anak-anak.

 

5. Tata Letak Furniture yang Ergonomis

Meskipun unsur kreatifitas penting, tetapi kenyamanan juga tidak boleh diabaikan. Tata letak furniture yang baik dapat menciptakan ruang yang fungsional dan nyaman. Pilih furniture yang sesuai dengan ukuran kamar dan sesuaikan tinggi meja belajar serta kursi dengan tinggi anak. Ruang penyimpanan yang mudah diakses juga membantu mengajarkan anak tentang kebersihan dan keteraturan.

 

6. Wallpaper Menarik

Wallpaper dengan desain yang menarik dapat memberikan sentuhan yang dramatis pada kamar anak. Pilih wallpaper dengan motif yang sesuai dengan tema atau minat anak. Misalnya, wallpaper dengan gambar hewan, alam, atau karakter kartun favorit. Hindari pemilihan warna yang terlalu gelap agar kamar tetap terlihat cerah dan ramah anak.

 

7. Aksesori Lucu dan Fungsional

Tambahkan sentuhan akhir pada dekorasi kamar anak dengan aksesori yang lucu dan fungsional. Gantungan dinding untuk menyimpan tas atau pakaian, karpet dengan motif yang menarik, dan gorden dengan warna-warna cerah dapat memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada ruangan.

Dekorasi kamar anak bukan hanya tentang estetika, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak. Dengan memilih tema yang sesuai, memanfaatkan dinding sebagai media ekspresi anak, mengintegrasikan unsur permainan, memperhatikan pencahayaan, menata furniture dengan ergonomis, menggunakan wallpaper menarik, dan menambahkan aksesori lucu, kita dapat menciptakan kamar anak yang kreatif dan nyaman. Semua ini akan memberikan pengalaman positif bagi anak-anak, membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan bahagia dalam ruang yang mereka sebut sebagai 'rumah'.

Comments

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Asyiknya Seminar Ryan Filbert Bareng Tokopedia

Sudah lama juga nih, aku ga ikut seminar. Beruntung sekali ada undangan dari Tokopedia. Seminar ini tentang "Creating the Retirement of Your Dreams Emas VS Reksa Dana bersama Ryan Filbert. Pas banget aku harus menimba lebih banyak ilmu nih. Soalnya sebagai pekerja lepas, butuh banyak info nih bagaimana caranya bisa pensiun dengan layak di hari tua. Tapi aku ga akan membahas tentang sharing finansial Ryan dibaca rayyen ya. Soalnya beliau minta dipanggil rayyen bukan rian karena beliau bukan Ryan d Massiv atau Ryan lainnya. Okelah kalo begitu Mas Rayyen : D Nah, yang aku dapat dari silaturahmi berjejaring via seminar kali ini adalah: 1. Teman-teman baru. 2. Info-info seru info seru dan bermanfaat tentunya. 3. Bahagia bisa ngobrol  lepas dan berbagi info berguna. 4. Enjoying me time. 5. Waktu yang berkualitas. Yuk kita kulik satu persatu! Teman Teman Baru Hal paling menyenangkan saat datang ke sebuah acara adalah bertemu orang-orang yang sebelumnya kita belum pernah

10 Khasiat Daun Mint untuk Anda

Saat duduk di serambi sebuah villa di puncak saat sedang jalan-jalan, aku merasa sangat nyaman  berada dekat rimbunan tanaman menjalar berwarna hijau segar tanpa bunga. Awalnya masih belum yakin, tanaman apakah itu. Hingga mamang penjaga villa memberitahu bahwa itu adalah tanaman mint. Wow! Akhirnya, aku bisa melihat dan merasakah sendiri tanaman mint itu. Sensasinya beda dari tanaman herbal lainnya,baik dari segi aroma maupun rasanya yang segar banget saat dikunyah. Membuatku penasaran mengenai kandungan yang dimiliki oleh si daun mint ini. 10 Khasiat Daun Mint  1. Daun mint yang awalnya lebih dikenal di wilayah Eropa dan mediterania ini mengandung antioksidan yang mampu memberi rasa nyaman dan rileks. tak heran bila daun mint juga digunakan