Skip to main content

Tak Suka Makan Yang Ini? Hmm....Ruginya kebangetan!



Percayakah kamu, kalau ternyata tanpa kita sadari tubuh kita hanya mau menerima makanan yang memang dibutuhkan?
Contoh, ada orang yang tak suka makan pisang. Mau dipaksa pun dia tetap tak mau. Bahkan bisa sampai muntah bila dipaksa.
Hummm...
Jadi ingat anak tetanggaku. Perempuan, usia tiga tahunan yang dipaksa mamanya makan sampai muntah-muntah. Padahal dia tak suka. Kalau aku yang jadi ibunya aku tak bakal tega maksa anak makan sampai segitunya. Hadeehhh!
Kembali ke topik kita tadi, nah kesimpulannya adalah bahwa tubuh kita hanya mau mengosumsi makanan yang hanya tubuh kita butuhkan. Dan itu terbukti pada diri aku pribadi.
Entah kenapa aku suka sekali makan nanas. Dan ternyata pas baca-baca info kesehatan, nanas itu bagus buat mengencerkan darah. Sementara aku memang ada varises sedikit di kaki.
Terus, aku suka makan sayur jantung pisang. Dan ternyata jantung pisang kaya akan manfaat! Tak nyangka ya, jantung pisang yang memang harus dipotong supaya buah pisang tumbuh sempurna malah memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh. 

pic by pinterest


Manfaat Jantung Pisang
Banyak sekali manfaat makan jantung pisang yang sudah dimasak ini. Kalau aku biasanya makan jantung pisang yang sudah dimasak gulai kuning. Tapi bisa juga jantung pisangnya direbus dan dimakan bareng sayuran lain dengan ditaburi kuah bumbu pecel.
Tapi,
So, khasiat jantung pisang untuk kesehatan itu sangat banyak. Karena jantung pisang mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin B, A, E, dan vitamin C. Jantung pisang juga kaya serat, mengandung niasin, tiamin, asam pantotenat dan juga mengandung kalsium, magnesium, tembaga, besi, protein, karbohidrat, seng, fosfor dan mangan. Banyak kan?
Masih ada lagi nih kandungan di jantung pisang. Dia kaya akan antioksidan, memiki sifat anti mikroba, anti bakteri, anti kanker, anti inflamasi, dan anti virus. Ngomong-ngomong soal anti virus, semua pasti berharap negara kita segera menemukan anti virus covid 19. Tak harus berupa vaksin tentunya. Nah, siapa tahu jantung pisang bisa menjadi salah satu solusi bahan anti virus covid 19. Murah, mudah ditemukan lagi. Allah subhanahu wa ta’ala kan sudah bilang kalau tak ada penyakit yang tak ada obatnya kecuali kematian.
Nah, sebelum para ahli yang berkompeten menyelidiki khasiat si jantung pisang ini untuk menangkal virus corona, tak ada salahnya kita konsumsi secara rutin buat meningkat imunitas tubuh kita dan keluarga.
Karena ternyata jantung pisang juga anti kanker! Dia mampu membunuh sel-sel kanker muda atau yang masih di tahap awal. Rutin mengosumsi jantung pisang juga membantu tubuh kita dalam menangkal penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti hipertensi, karena jantung pisang bisa menurunkan tekanan darah. Jadi, dia bisa membantu mengurangi resiko tekanan darah di tubuh kita menaik.
Buat yang mukim di tengah kota besar jauh dari kebon pun masih bisa kok mendapatkan jantung pisang segar siap olah. Kalau aku sih belinya di marketplace. Tinggal order deh. 

Untuk penyakit maag, jantung pisang mampu menyembuhkan maag karena memiliki protease inhibitors yang bisa menekan sekresi asam dan menghilangkan bakteri tukak lambung. Jantung pisang mampu mengobati anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi.
Masih banyak manfaat mengosumsi jantung pisang lainnya seperti membantu menghilangkan sembelit karena kandungan serat tak larutnya yang tinggi bisa menyehatkan pencernaan kita. Hal ini juga berimbas baik bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan.  
So, belum pernah nyobain masakan berbahan jantung pisang? Cobain deh dan rasakan manfaatnya! ^__^


Comments

  1. Hai, Mbak, aku pecinta jantung pisang juga. Garis keras malah. Di sini kalau beli murah banget. Satu ukuran besar hanya 2000. Kalau dimasak pakai santan dengan bumbu pedas, ulala, enak banget.

    ReplyDelete
  2. wah aku belum pernah makan jantung pisang, nanti mau minta mama masakin ah :D

    ReplyDelete
  3. Wow aku juga suka sayur jantung pisang. Dulu cukup sering aku masak sendiri, kubikin tumis. Enak banget 😋 kapan ya bisa masak lagi

    ReplyDelete
  4. Wow aku juga suka sayur jantung pisang. Dulu cukup sering aku masak sendiri, kubikin tumis. Enak banget 😋 kapan ya bisa masak lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Serum dalam Perawatan Kulit, Pentingkah?

  Dear ladies, kesibukan dalam keseharian di rumah mengurus keluarga maupun di luar rumah tentu saja berpengaruh dalam ritne atau jatah waktu untuk memberikan perhatian pada perawatan kulit kita. Namun, tentu saja kita harus tetap peduli dong pada perawatan diri sendiri. Termasuk update informasi terkait produk apa saja yang bagus untuk perawatan kulit kita. Misalnya terkait topik skincare dan serum. Penggunaan skincare dan serum dalam perawatan kulit sekarang ini seakan menjadi suatu hal yang jamak dalam khazanah perawatan kulit di Indonesia. Sesuatu hal yang mungkin beberapa waktu lalu mungkin masih jarang terdengar di telinga kita.Ladies pun mungkin bertanya-tanya mengapa serum bisa menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit kita di saat sekarang. Nah, jawabannya sebenarnya sederhana. Karena, menurut hasil riset para ahli terkait, serum memiliki sejumlah keunggulan yang sayang kalau kita lewatkan. Berikut pemaparannya,  a.       Serum   mampu menyerap lebih dalam

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?