Skip to main content

Tak Suka Makan Yang Ini? Hmm....Ruginya kebangetan!



Percayakah kamu, kalau ternyata tanpa kita sadari tubuh kita hanya mau menerima makanan yang memang dibutuhkan?
Contoh, ada orang yang tak suka makan pisang. Mau dipaksa pun dia tetap tak mau. Bahkan bisa sampai muntah bila dipaksa.
Hummm...
Jadi ingat anak tetanggaku. Perempuan, usia tiga tahunan yang dipaksa mamanya makan sampai muntah-muntah. Padahal dia tak suka. Kalau aku yang jadi ibunya aku tak bakal tega maksa anak makan sampai segitunya. Hadeehhh!
Kembali ke topik kita tadi, nah kesimpulannya adalah bahwa tubuh kita hanya mau mengosumsi makanan yang hanya tubuh kita butuhkan. Dan itu terbukti pada diri aku pribadi.
Entah kenapa aku suka sekali makan nanas. Dan ternyata pas baca-baca info kesehatan, nanas itu bagus buat mengencerkan darah. Sementara aku memang ada varises sedikit di kaki.
Terus, aku suka makan sayur jantung pisang. Dan ternyata jantung pisang kaya akan manfaat! Tak nyangka ya, jantung pisang yang memang harus dipotong supaya buah pisang tumbuh sempurna malah memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh. 

pic by pinterest


Manfaat Jantung Pisang
Banyak sekali manfaat makan jantung pisang yang sudah dimasak ini. Kalau aku biasanya makan jantung pisang yang sudah dimasak gulai kuning. Tapi bisa juga jantung pisangnya direbus dan dimakan bareng sayuran lain dengan ditaburi kuah bumbu pecel.
Tapi,
So, khasiat jantung pisang untuk kesehatan itu sangat banyak. Karena jantung pisang mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin B, A, E, dan vitamin C. Jantung pisang juga kaya serat, mengandung niasin, tiamin, asam pantotenat dan juga mengandung kalsium, magnesium, tembaga, besi, protein, karbohidrat, seng, fosfor dan mangan. Banyak kan?
Masih ada lagi nih kandungan di jantung pisang. Dia kaya akan antioksidan, memiki sifat anti mikroba, anti bakteri, anti kanker, anti inflamasi, dan anti virus. Ngomong-ngomong soal anti virus, semua pasti berharap negara kita segera menemukan anti virus covid 19. Tak harus berupa vaksin tentunya. Nah, siapa tahu jantung pisang bisa menjadi salah satu solusi bahan anti virus covid 19. Murah, mudah ditemukan lagi. Allah subhanahu wa ta’ala kan sudah bilang kalau tak ada penyakit yang tak ada obatnya kecuali kematian.
Nah, sebelum para ahli yang berkompeten menyelidiki khasiat si jantung pisang ini untuk menangkal virus corona, tak ada salahnya kita konsumsi secara rutin buat meningkat imunitas tubuh kita dan keluarga.
Karena ternyata jantung pisang juga anti kanker! Dia mampu membunuh sel-sel kanker muda atau yang masih di tahap awal. Rutin mengosumsi jantung pisang juga membantu tubuh kita dalam menangkal penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti hipertensi, karena jantung pisang bisa menurunkan tekanan darah. Jadi, dia bisa membantu mengurangi resiko tekanan darah di tubuh kita menaik.
Untuk penyakit maag, jantung pisang mampu menyembuhkan maag karena memiliki protease inhibitors yang bisa menekan sekresi asam dan menghilangkan bakteri tukak lambung. Jantung pisang mampu mengobati anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi.
Masih banyak manfaat mengosumsi jantung pisang lainnya seperti membantu menghilangkan sembelit karena kandungan serat tak larutnya yang tinggi bisa menyehatkan pencernaan kita. Hal ini juga berimbas baik bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan.  
So, belum pernah nyobain masakan berbahan jantung pisang? Cobain deh dan rasakan manfaatnya! ^__^


Comments

  1. Hai, Mbak, aku pecinta jantung pisang juga. Garis keras malah. Di sini kalau beli murah banget. Satu ukuran besar hanya 2000. Kalau dimasak pakai santan dengan bumbu pedas, ulala, enak banget.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…