Skip to main content

5 Alasan Mengapa Harus Pilah Pilih Buku Bacaan Anak

image: etsy

Dear parents,
 kita semua dalam peran sebagai orangtua pasti sepakat bahwa membacakan buku kepada anak bukan hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga investasi besar dalam perkembangan mereka. Tapi, dengan deretan buku bacaan anak yang berlimpah di pasaran, bagaimana kita bisa memastikan bahwa kita memilih buku yang tepat untuk si kecil? Semoga saran dan tips berikut bisa membantu para orangtua yang ingin memberikan yang terbaik buat si buah hati!


Pentingnya Memilih Buku Bacaan Anak yang Tepat

1. Membentuk Pemikiran Kritis:

Buku bukan hanya sekadar hiburan; mereka adalah jendela dunia yang membuka imajinasi anak-anak. Buku-buku yang baik dapat merangsang pemikiran kritis dan membantu anak-anak memahami konsep-konsep kompleks secara lebih baik.

2. Membangun Kosakata:

Membaca membantu memperkaya kosakata anak-anak. Dengan memilih buku dengan kata-kata yang sesuai dengan usia mereka, kita dapat memberikan kontribusi besar dalam pengembangan bahasa anak.

3. Menanamkan Nilai-nilai:

Buku bacaan anak juga merupakan sarana yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral. Kisah-kisah tentang persahabatan, kejujuran, dan kerja sama dapat membentuk karakter anak sejak dini.

4. Mengembangkan Keterampilan Sosial:

Buku yang melibatkan interaksi antar-karakter dapat membantu anak memahami keterampilan sosial, seperti berbagi, empati, dan mengatasi konflik.

5. Menghadirkan Dunia Pengetahuan Baru:

Buku-buku ilmiah dan fiksi dapat membuka pintu dunia pengetahuan baru. Anak-anak dapat belajar tentang hewan, tumbuhan, atau bahkan planet lain dengan cara yang menyenangkan dan menarik.


Nah, saat hendak membeli buku bacaan anak, tips memilih buku bacaan anak yang tepat berikut mungkin bisa dipraktekkan,

1.Sesuaikan dengan Usia:

Pertama-tama, perhatikan kategori usia yang disarankan pada buku tersebut. Ini memastikan bahwa kontennya sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

 

2. Perhatikan Tema dan Nilai:

Pilih buku yang sesuai dengan nilai-nilai yang ingin kita tanamkan pada anak. Apakah kita ingin mengajarkan tentang keberagaman, persahabatan, atau keberanian?

 

3. Periksa Kualitas Ilustrasi:

Ilustrasi yang menarik adalah kunci agar anak tertarik membaca. Pastikan gambar-gambar dalam buku memiliki kualitas baik dan sesuai dengan tema cerita.

 

4. Cari Resensi dan Ulasan:

Sebelum membeli, baca resensi atau ulasan tentang buku tersebut. Pengalaman orang lain dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang isi dan nilai pendidikan buku tersebut.

 

Lihat Ketersediaan Buku Digital:

Di era digital ini, buku digital semakin populer. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan buku dalam format digital jika anak lebih suka membaca di perangkat elektronik.

 

5. Cek Keberlanjutan Seri:

Jika anak menyukai buku tertentu, periksa apakah buku tersebut bagian dari seri. Memiliki serangkaian buku yang konsisten dapat meningkatkan minat baca anak.

Paling asyik kalau belanja buku itu ikut melibatkan kehadiran si kecil. Tips asyik belanja buku berikut bisa dicoba J


Tips Asyik Belanja Buku Bersama Si Kecil

1.   Ajak Anak dalam Proses Pemilihan:

Biarkan anak ikut serta dalam memilih buku. Ini memberikan rasa tanggung jawab dan kebanggaan pada mereka.

 

2.   Buat Daftar Bersama:

Ajak anak membuat daftar buku yang ingin mereka miliki. Ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengajarkan konsep perencanaan.

 

3.   Manfaatkan Program Diskon dan Promo:

Saat berbelanja buku, manfaatkan program diskon atau promo yang ditawarkan oleh toko buku atau penerbit. Ini dapat membantu menghemat biaya.

 

4.   Eksplorasi Toko Buku Lokal:

Kunjungi toko buku lokal di sekitar. Selain mendukung bisnis lokal, ini juga memberikan pengalaman berbeda bagi anak-anak.

 

5.   Beri Kebebasan pada Si Kecil:

Beri anak kesempatan untuk memilih buku sesuai selera mereka. Ini dapat meningkatkan minat baca mereka karena mereka merasa memiliki buku itu.

 

Membeli buku bacaan anak bukan hanya sekadar tugas, tetapi merupakan perjalanan yang penuh kebahagiaan dan pengembangan. Dengan memilih buku yang tepat, kita tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga membentuk karakter anak-anak untuk masa depan yang lebih baik. Jadi, ayo berikan buku yang menginspirasi dan mendidik untuk mewarnai dunia imajinasi si kecil!  ^__^

 

Comments

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Asyiknya Seminar Ryan Filbert Bareng Tokopedia

Sudah lama juga nih, aku ga ikut seminar. Beruntung sekali ada undangan dari Tokopedia. Seminar ini tentang "Creating the Retirement of Your Dreams Emas VS Reksa Dana bersama Ryan Filbert. Pas banget aku harus menimba lebih banyak ilmu nih. Soalnya sebagai pekerja lepas, butuh banyak info nih bagaimana caranya bisa pensiun dengan layak di hari tua. Tapi aku ga akan membahas tentang sharing finansial Ryan dibaca rayyen ya. Soalnya beliau minta dipanggil rayyen bukan rian karena beliau bukan Ryan d Massiv atau Ryan lainnya. Okelah kalo begitu Mas Rayyen : D Nah, yang aku dapat dari silaturahmi berjejaring via seminar kali ini adalah: 1. Teman-teman baru. 2. Info-info seru info seru dan bermanfaat tentunya. 3. Bahagia bisa ngobrol  lepas dan berbagi info berguna. 4. Enjoying me time. 5. Waktu yang berkualitas. Yuk kita kulik satu persatu! Teman Teman Baru Hal paling menyenangkan saat datang ke sebuah acara adalah bertemu orang-orang yang sebelumnya kita belum pernah

10 Khasiat Daun Mint untuk Anda

Saat duduk di serambi sebuah villa di puncak saat sedang jalan-jalan, aku merasa sangat nyaman  berada dekat rimbunan tanaman menjalar berwarna hijau segar tanpa bunga. Awalnya masih belum yakin, tanaman apakah itu. Hingga mamang penjaga villa memberitahu bahwa itu adalah tanaman mint. Wow! Akhirnya, aku bisa melihat dan merasakah sendiri tanaman mint itu. Sensasinya beda dari tanaman herbal lainnya,baik dari segi aroma maupun rasanya yang segar banget saat dikunyah. Membuatku penasaran mengenai kandungan yang dimiliki oleh si daun mint ini. 10 Khasiat Daun Mint  1. Daun mint yang awalnya lebih dikenal di wilayah Eropa dan mediterania ini mengandung antioksidan yang mampu memberi rasa nyaman dan rileks. tak heran bila daun mint juga digunakan