Skip to main content

5 Cara Menulis Konten Blog

Konten blog merupakan sebuah keharusan jika Ladies memutuskan untuk memiliki sebuah blog. Maksudnya?
Konten jika
merujuk pada wikipedia adalah

cara menulis artikel konten untuk blog



Belajar sembari berjalan
alias learning by doing. Itulah prinsip saya dalam dunia blogging. Seiring waktu, saya pun menyadari betapa dahsyatnya peran konten di dalam memberi warna pada sebuah blog. Konten yang positif akan mampu memberi warna positif juga pada sebuah blog. Tak hanya sekedar mengandalkan keyword untuk mendongkrak SEO. Hal yang sejak lama saya yakini seiring dengan profesi saya yang juga penulis artikel konten. 

Aksara Bermakna  
Aksara tak hanya sekedar rangkaian kata di dalam menulis konten untuk blog. Mereka memberi makna lebih daripada itu. Pembaca bisa terpengaruh oleh tulisan yang dibacanya. Jadi, jangan anggap sepele aksara yang kemudian dirangkai menjadi kata di dalam sebuah konten dalam blog.
Jika kamu baru saja mulai belajar menulis di blog, tak ada ruginya untuk terus mengasah kemampuan. Banyak keuntungan yang akan diraih jika kamu memiliki tulisan yang mumpuni.
Caranya adalah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:
1.      Tulislah konten untuk blog yang khas alias unik
Banyak blogger di dunia maya sekarang ini. Ada blogger yang menggunakan konten berbayar dan ada juga yang menulis artikel konten sendiri. Apapun pilihanmu. Pastikan bahwa konten blogmu itu unik. Karena hal itu mampu membedakan blogmu dari blog lainnya.

2. Tulislah konten yang berbobot
Di dalam sebuah postingan, harus ada pesan yang tersisip di dalamnya. Atau harus ada sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang yang membacanya. Belajarlah untuk bisa mengekspresikan pesan yang ingin disampaikan melalui tulisanmu.

3. Mudah dimengerti
Tulislah tentang sesuatu yang mudah dipahami.  Jadi, kamu harus tahu bagaimana cara menggunakan kata-kata yang mampu menyentuh rasa pembaca sehinga mereka terpesona oleh blogmu. Dan tak mampu berpaling ke lain hati ;)

4.Teruslah menulis
Jika kamu seorang blogger, hadapilah kenyataan ini.  Blogging sama dengan menulis. Bisa berarti menulis konten untuk diposting, bisa juga menjadi penulis tamu di blog orang, bisa jadi menulis review, menulis ebook atau lainnya yang terkait menulis.
Jika kamu merasa dirimu masih menjadi seorang penulis yang  masih butuh waktu untuk merangkai kata demi kata untuk bisa menjadi sebuah kalimat yang memikat, maka kamu harus berjuang! Berlatihlah lagi! Karena kuncinya hanya ada pada tulisan yang memikat.

 5.Sekarang atau tidak sama sekali
Jika kamu ingin blogmu naik tingkat, ingin menghasilkan sesuatu dari blog. Maka tak ada pilihan lain kecuali menulis. Jadi, lakukanlah sekarang juga atau tidak sama sekali.

Itulah 5 kata kunci untuk menulis konten di blog. Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi penulis yang lebih baik?

Berikut tipsnya:
Banyak Baca
Dari semua  guru menulis yang pernah saya kenal, selalu memberikan solusi yang satu ini. Baca. Baca. Baca.
Bacalah buku, majalah, koran, dan bacalah  blog orang lain. Saat sedang membaca, perhatikan gaya menulis si empunya tulisan. Apa yang membuatnya menjadi unik.

Gaya Bicara
Bagaimana gaya bicaramu sehari-hari? Nah, menulislah seperti layaknya sedang berbicara pada teman. Sampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan. Jadilah dirimu sendiri. Jangan paksa dirimu untuk menulis bak pujangga. Atau meniru gaya tulisan blogger kesukaanmu.
Demikianlah 5 cara menulis konten blog dari saya, semoga bisa bermanfaat ^__^


Comments

  1. kalau saya..paling enak memang nulis seperti gaya bicara sendiri,lebih asik rasanya..kl terlalu formal malah aneh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Mbak, itulah bedanya antara blogger dengan jurnalis :)

      Delete
  2. Eyd perlu ga mbak? Aku kalo gaya bicara hancur lebur eyd-nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. EYD is a must Mbak Sri ;) Namanya juga menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar, ya kan? ^__^

      Delete
  3. Senang deh dpt ilmu begini. Iya mba yg perlu itu menulis ya sicoba terus ya.. rajin berlatih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…