Skip to main content

Manfaat Celak untuk Kesehatan Mata

Berawal dari keluhan gatal pada kedua kelopak mata, maka saya pun akhirnya bertanya pada simbah (Google) kira-kira apa penyebab derita gatal pada kedua kelopak mata ini. 
Jangan tanya mengapa saya tak langsung ke dokter mata. 
Karena tanpa ditanya pun saya akan menjelaskan :D Sebabnya adalah karena saya merasa sudah lebih pinter *gubrak deh hehe :D
Alasannya adalah karena sejarah malapraktek yang sering dialami oleh sejumlah besar anggota keluarga kami. Perbandingan kami bertemu dokter yang bisa diandalkan dengan dokter yang (mungkin lulusnya karbitan) sehingga sering salah diagnosa dan akhirnya pasien menjadi korban itu bisa dikatakan 80:20. 
PS: Pak atau Bu Menteri Kesehatan, tolong dong regulasi tentang syarat kelulusan dokter dan kriteria kelayakan sebuah fakultas kedokteran lebih disempurnakan lagi.
Yowes, kembali pada topik semula ya. 
Tanpa mengesampingkan kredibilitas para dokter yang masuk ke dalam golongan yang 20%  tadi, saya lebih pilih bertanya pada simbah.
Hasil bertanya-tanya, akhirnya didapatlah kesimpulan bahwa derita mata yang saya alami inshaallah bisa diatasi dengan Ismid.
Siapa tuh Ismid?
Ismid ini bukanlah nama si penyanyi pop era sembilan puluhan itu Ladies, melainkan sebentuk celak mata.




Ismid merupakan sejenis celak mata yang terbuat dari batu celak. Berbeda dengan celak biasa yang umumnya berwarna hitam pekat, celak mata ismid berwarna keabu-abuan.
Ismid bermutu terbaik berasal dari wilayah Isfahan di Iran.
Celak Ismid ini diyakini bisa menjga mata agar terhindar dari penyakit, menjaga kesehatan mata.

Terutama jika merujuk pada hadis Nabi, dimana intisarinya adalah sebagai berikut :  Ibnu Abbas  meriwayatkan mengenai kebiasaan Rasulullah saw untuk  mengenakan celak mata  Ismid setiap kali sebelum tidur. 
Karena Ismid berkhasiat  menjernihkan penglihatan mata serta juga berkhasiat untuk   menumbuhkan bulu mata.  
Ibnu Abbas menjelaskan bahwa Rasulullah saw menggunakan celak mata ismid dengan cara mengoleskannya sebanyak tiga kali pada kedua belah mata. 

Kesimpulannya, suami pun hunting mencari si Ismid ini. Kabarnya Ismid dijual di toko-toko yang menjual souvenir haji. Namun ternyata tak mudah menemukan celak mata yang satu ini. Tak semua toko souvenir haji menjual celak mata Ismid.
Hingga akhirnya setelah hampir lelah mencari, si Ismid ketemu di sebuah toko souvenir haji. Inilah penampakannya : 



Saya senang sekali dan mulai menggunakan celak mata ismid. Tapi karena rasa gatal  yang luar biasa pada kedua belah mata, saya mengaplikasikan Ismid tiap sebentar. Setelah rasa gatal tersebut mulai berkurang, saya juga mengurangi dosis si Ismid. Hingga nanti hanya akan dipakai setiap menjelang tidur saja untuk perawatan kesehatan mata saja.
Alhamdulillah sekarang sudah mulai ada angsuran pada mata saya. Semoga sharing ini bermanfaat juga buat ladies pembaca blog ini ^__^  

Comments

  1. dan,saya pengguna celak,dan itu wajib bangettt...tapi sekarang pakai celak pensil,kalau pake bubuk nggak bisa lagi,dulu pake yang besi itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sih agak riweuh kalau pakai yang bubuk :)

      Delete
  2. oalah ternyata celak ada manfaatnya ya mak selain untuk kecantikan mata

    ReplyDelete
  3. Belum pernah pakai celak sih, tapi sering banget nemu pengguna celak yang matanya terlihat lebih sehat dan tajam. Banyak juga muslimah yang menggunakannya, dan baru tahu kalau ada manfaatnya buat kesehatan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Serum dalam Perawatan Kulit, Pentingkah?

  Dear ladies, kesibukan dalam keseharian di rumah mengurus keluarga maupun di luar rumah tentu saja berpengaruh dalam ritne atau jatah waktu untuk memberikan perhatian pada perawatan kulit kita. Namun, tentu saja kita harus tetap peduli dong pada perawatan diri sendiri. Termasuk update informasi terkait produk apa saja yang bagus untuk perawatan kulit kita. Misalnya terkait topik skincare dan serum. Penggunaan skincare dan serum dalam perawatan kulit sekarang ini seakan menjadi suatu hal yang jamak dalam khazanah perawatan kulit di Indonesia. Sesuatu hal yang mungkin beberapa waktu lalu mungkin masih jarang terdengar di telinga kita.Ladies pun mungkin bertanya-tanya mengapa serum bisa menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit kita di saat sekarang. Nah, jawabannya sebenarnya sederhana. Karena, menurut hasil riset para ahli terkait, serum memiliki sejumlah keunggulan yang sayang kalau kita lewatkan. Berikut pemaparannya,  a.       Serum   mampu menyerap lebih dalam