Langsung ke konten utama

Bahaya Kelamaan Duduk



Hai Guys,
Kamu tau nggak, bahwa pada umumnya kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Penyebabnya beragam, misalnya  karena bekerja di kantor atau karena harus mengikuti  kuliah sehingga harus duduk selama berjam-jam. 
Ternyata, duduk terlalu lama membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Penelitian membuktikan bahwa duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko obesitas dan sindrom metabolisme yang meliputi beberapa kondisi, seperti :
- meningkatkan tekanan darah
- meningkatkan kadar gula darah  
- menumpuknya lemak di bagian pinggang  
- membuat tingkat kolesterol menjadi tidak normal 

Penelitian pun dilakukan terhadap  beberapa orang dewasa yang memiki kebiasaan menonton TV dalam posisi duduk di sofa atau dan yang biasa nonton TV sambil tiduran di kasur.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan hasil  yang  mengejutkan, yaitu:
1. Mereka yang gemar menonton tv dengan posisi duduk dan tidur dalam waktu lama mengalami 50% peningkatan resiko kematian karena masalah kesehatan apapun, dan 125% peningkatan resiko mengalami episode akibat penyakit jantung atau serangan jantung.

2. Selain itu, duduk terlalu lama juga dapat merusak organ tubuh, seperti pankreas. 

3. Kemampuan tubuh untuk merespon insulin dapat terganggu karena duduk berlebihan dalam satu hari. Akibatnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin. Lama kelamaan kondisi ini dapat memicu diabetes.

4. Postur tubuh juga dapat terganggu akibat duduk terlalu lama. Misalnya, leher dan bahu terasa kencang dan nyeri pada bagian punggung. Data menunjukkan bahwa 40% orang yang mengalami nyeri punggung disebabkan karena mereka duduk di depan komputer terlalu lama. 

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahaya duduk terlalu lama, selain mengurangi waktu duduk. Bahkan, meskipun kamu berusaha melakukan kegiatan olahraga guna mengurangi resiko yang meningkat akibat duduk terlalu lama.
Berdirilah setelah duduk selama satu jam, dan lebih pilih berdiri dibandingkan duduk, jika memiliki kesempatan. 
Selain itu, perbanyak jalan kaki. Jika kantor kamu jaraknya hanya satu hingga tiga lantai dari lobby, naik tangga bisa bermanfaat untuk tubuh. Dan, perbanyak minum air putih juga bisa membantu. 

Komentar

  1. Kalau lagi blog-walking atau nulis artikel suka ga sadar kelamaan duduk :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..solusinya BW sambil walking aja :D

      Hapus
  2. Duh... masalah banget nih ya Mbak, soalnya saya kalo udah di depan PC suka lupa waktu, tiba2 satu-dua jam aja.
    Mesti banyak diimbangi dengan jalan-jalan, nih.
    Makasih ya Mbak infonya :)

    BalasHapus
  3. Kelamaan browsing dan nulis2 jg bikin pegel n puyeng. Makanya hrs diimbangi dg olahraga seperti aku, uni Ratna...berenang aja hehehe lainnya ga bisa akuuuu 😃😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berenang memang pilihan nomor satu, Nurul ^__^ Top Markotop!:D

      Hapus
  4. Jadi menonton televisi direkomendasikan sambil berdiri nih? hihihi atau kelamaan nonton tivi yang perlu dihindari kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. diatur saja waktunya biar tidak terlalu lama duduk. Biasanya tayanagn sinetron tidak tayang full seharian kaan :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ceritaku (My Story), Misteri Kunci Berbau Wangi

The Story Aira Kimberly
            “Ma, tolong buka pintu gerbangnya ya!” Papa menghentikan mobil persis di depan rumah. “Biar aku saja, Pa!” Andika melesat turun. “Kasihan Mama, kan, capek.” “Ini kuncinya,” Mama menyerahkan serangkaian kunci ke tangan Andika lewat jendela depan. Andika menerimanya lalu bergegas menuju ke gerbang. Rumah terlihat gelap karena lampu-lampu belum dihidupkan. Jalanan yang macet membuat mereka Pulang kemalaman dari acara  keluarga di puncak. Dalam kegelapan malam, tangan Andika meraba-raba mencari gembok. Tetapi aneh, gembok besar yang biasanya dengan mudah ditemukan, tidak ada! Andika merasa curiga. Dia mendorong pintu gerbang itu. “Tidak terkunci!” Andika berseru kaget melihat gerbang itu membuka dengan mudahnya. Mobil yang dikendarai Papa lalu masuk ke dalam halaman. “Trims, sayang!” ucap Mama. “Ma, Pa, sepertinya ada yang aneh, deh,” Andika berkata. “Apanya yang aneh, Dika?” tanya Mama. “Masa pintu gerbangnya enggak dikunci?” “Ah, masa?” Papa bergegas mengecek ke …

PELIT?

Seorang teman bilang,"Mbak Aira pelit!" Ucapan ini sungguh menyentak. Teman ini bilang kalau aku pelit berbagi. Pelit berbagi? Ah, masa sih? Selama ini aku merasa aku ini apalah. 2006 lalu, aku ini apalah saat ikutan gabung di pelataran masjid Salman ITB. Ngaririung bersama teman-teman FLP Bandung. 2007, aku ini apalah saat gabung dengan FLP Jakarta. Masih terkenang saat-saat menimba ilmu penulisan di pelataran masjid Amir Hamzah yang terkenal dengan 'mimazah.' Sayang, masjid ini sudah tak ada bekasnya lagi di Taman Ismail Marzuki.

Jadi Percaya Diri Ngantor dengan Derma Angel

Girls, Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalami masalah jerawat. Tau kan bagaimana galaunya jika si makluk kecil yang nggak imut ini muncul? Saat mau pakai bedak di depan cermin terlihat ada bentol merah di permukaan kulit wajah. Gimana bisa tampil cantik dan percaya diri  jika wajah  mulusmu bertotol jerawat!  *Arrgh.   image:pixabay My Story Kalau dipikir-pikir si jerawat ini jahat juga lho. Dia tak kenal situasi sehingga suka datang di saat yang tidak tepat. Halah.. kapan ya ada saat yang tepat buat nerima jerawat bertamu? Hahaha... Kali ini si jerawat datang menghampiri Fafa putriku. Udah tau si Fafa itu harus selalu dalam penampilan prima setiap hari karena dia kan kerja dan harus ketemu banyak orang di kantor. Tapi si jerawat ini, datang tanpa diundang. Dan entah kenapa dia paling suka mampir ke pipi chubby Fafa. So pastilah Fafa kesel bin mangkel. Baperan gara-gara jerawat bisa bikin mood rusak seharian padahal Fafa kan harus selalu ramah dan tersenyum pada para customer. Ke…