Langsung ke konten utama

Wisata Menarik di Pulau Belitung




image : bagus-inesia.blogspot.com


Hallo guys, apakah kalian pernah datang ke Pulau Belitung? Kalau belum, kamu harus banget nih dateng kesini guys, karena pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa menakjubkan. Menurut cerita, pulau ini adalah bagian semenanjung utara pulau Bali yang terputus dan kemudian terbawa arus hingga ke Pulau Sumatera. Percaya gak guys? Benar atau tidaknya cerita tersebut, yang pasti keindahan pulau ini memang tak kalah dengan Pulau Bali ya guys.
Untuk liburan ke Pulau Belitung, kamu bisa terbangdengan Citilink dengan mengikuti promo – promo terntentu guys. Dengan mengikuti promo, kamu akan mendapatkan harga terbaik mulai dari Rp299.000,- untuk tujuan penerbangan Jakarta – Tanjung Pandan, hmm cukup murah ya. Well, jika di Pulau Belitung ini apa ya guys wisata yang paling menarik?
Hmm, banyak banget nih guys tempat yang bisa kamu kunjungi disini, dari mulai yang baru terekspos, sampai yang masih tersembunyi. Pulau ini cukup terkenal dengan keindahan pantainya yang luar biasa guys. Kebanyakan pantai di pulau ini berpasir putih, air laut yang jernih dan memiliki bebatuan granit dengan berbagai ukuran. Selain objek wisata pantai yang berbatu granit, tempat wisata apalagi ya guys yang bisa kamu kunjungi di pulau ini? Penasaran? Check this out!

      1.Pulau pasir
Bermain pasir tak melulu harus di pantai nih guys, karena disini terdapat pulau yang bernamai Pulau Pasir. Sebenarnya ini bukan benar – benar pulau guys, hanya sebuah gundukan pasir menyerupai daratan yang berada ditengah laut. Jika air sedang surut, maka gundukan pasir ini akan terlihat. Namun jika air sedang pasang, gundukan pasir tersebut akan kembali tertutup oleh air laut.
Gundukan tersebut pun sebenarnya tidak cukup luas, namun kamu tetap bisa bermain – main seru disini guys, sepeti bermain pasir, berfoto ria dengan bintang laut, dan menikmati indahnya pemandangan pulau – pulau sekitar. Hmm, kamu wajib banget dateng kesini guys!



Sumber : flickr.com
2.Pulau lengkuas
Pulau ini  berada di sebelah timur Pulau Belitung, yaitu di Kecamatam Sijuk. Jika ingin ke pulau ini, kamu harus menempuh sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota, kemudian dilanjutkan dengan menyewa perahu. Untuk perjalanan laut menuju Pulau Lengkuas ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam guys, itupun jika ombak sedang bersahabat.
Perjalanan tersebut mungkin cukup lama ya, namun tenang guys, kamu tidak akan bosan selama di perjalanan karena kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Beberapa diantaranya yang dapat kamu nikmati selama perjalanan yaitu, Pulau Pasir, Batu Garuda, dan Pulau Batu Berlayar.

Sumber : bellotravelers.com

Setelah puas menikmati perjalanan dengan pemandangan yang sangat indah, kamu pun akan terpukau ketika melihat Pulau Lengkuas ini guys. Hamparan pasir putih, dibalut birunya air laut yang jernih, dan mercusuar yang menjulang tinggi yang sungguh indah. Mercusuar ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang tingginya sekitar 60 meter. Wow! Cukup tinggi ya guys.

Sumber : jalan2.com

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pemandangan Pulau Lengkuas dan sekitarnya, kamu bisa nih guys menaiki mercusuar ini. Tapi pastinya harus menyiapkan tenaga ekstra ya, karena kamu akan menaiki 18 lantai. Hmm, lumayan melelahkan pastinya ya guys. Tapi, itu semua akan terbayar kok, ketika kamu melihat pemandangan dari atas mercusuar yang, wow banget!

3.Danau kaolin
Untuk kamu yang gemar photografi, kamu bisa mengunjungi danau kaolin ini nih guys. Lokasi danau ini tidak jauh dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai danau ini. Danau ini tepatnya berada di Desa Air Raya, Tanjung Pandan. Sebenarnya danau ini bukanlah murni buatan alam guys, karena danau ini dulunya adalah sebuah lubang besar yang diakibatkan aktifitas penambangan.
Area ini dulunya merupakan area penambangan kaolin guys, kaolin sendiri merupakan mineral yang digunakan sebagai komposisi sebuah produk kosmetik ataupun pasta gigi. Karena lubang – lubang bekas galian ini dibiarkan begitu saja, maka lubang itu pun terisi air sehingga membentuk sebuah danau. Air danau yang berwarna biru toska, berpadu dengan kawah bekas galian yang berwarna putih bersih, menjadikannya sangat cantik.

Sumber : travelmato.comI

Sungguh pemandangan yang luar biasa. !

3.Museum kata Andrea Hirata
Sumber : museumkataandreahirata.com

Salah satu tempat wisata yang anti mainstream di pulau ini adalah Museum Kata milik Andrea Hirata. Museum yang didirikan di Desa Gantong ini adalah museum sastra pertama yang ada di Indonesia guys, wow! Tujuan didirikannya museum ini pun antara lain untuk mengisnpirasi generasi muda Indonesia untuk berani bermimpi, dan juga sebagai media untuk mengapresiasi karya sastra penulis baik dalam dan luar negeri.
Jika kamu ingin mengunjungi museum ini, museum ini buka dari jam 10 pagi sampai jam setengah 6 sore guys. Disini kamu akan menemukan foto aktor Laskar Pelangi, cuplikan halaman cerita, potongan cerpen, dokumentasi penghargaan, hingga warung kopi yang disebut “Kupi Kuli”.
Gimana guys, tertarik untuk mengunjungi museum ini?
Well, sebenarnya masih banyak banget nih guys wisata yang ada di Pulau Belitung ini. Sampai mungkin kamu agak bingung, mana yang harus dikunjungi terlebih dulu. Tapi yang pasti sayang banget nih jika kamu melewatkan pulau yang satu ini, dan lebih memilih untuk berwisata ke luar negeri. Karena negeri kita bak tanah surga guys!  This is Indonesia, and let’s love our country! Yeah!

Komentar

  1. Belitung. Pemandangannya bagus sekali, apalagi sampai tampak bintang lautnya di pantainya.

    BalasHapus
  2. Ya Allah...tempatnya kece semua. Jadi bikin mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga-moga bisa ke sana ya mbak Sally ^_^

      Hapus
  3. Pulau Lengkuas Asyik banget buat dikunjungi nih mba :)

    BalasHapus
  4. Aku juga suka banget ke Belitong Mba! terutama nongkrong di warung kopi-nya kalau malam hari..seruuu!hehe

    BalasHapus
  5. Belitongggg, I'm coming ><


    I wish I were there in that place ♡

    BalasHapus
  6. pengen banget ke Belitung, menikmati pantainya pasti seru

    BalasHapus
  7. Indah banget foto pantai2nya mbak :)

    BalasHapus
  8. wuaah kapan yaa bisa kesini..menjejaki novel laskar pelanginya andrea hirata

    BalasHapus
  9. waah bagusnyaa... kapan bisa ke sana yaa

    BalasHapus
  10. Danau bekas galian pertambangan bisa terlihat cantik gitu ya. Tapi apa ga bahaya tuh?

    myfoottrip dot com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata suamiku si sbnrnya msh ada aktivitas pertambangannya. Aku jg penasaran soal bahaya pa gaknya

      Hapus
    2. Aku pernah menonton di televisi terkait aktivitas pertambangan liar di sana. Memang ada bahayanya. Tapi kalau yang di danau bekas galian tambang ini, aku belum dapat info nih

      Hapus
  11. belitung negeri impian saya, sampai saat ini belum terwujud..#curhat hihih

    BalasHapus
  12. Belitung emang mempesona Masya Allah.. kapan2 mau ksana.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga dimudahkan dan bisa ke sana ya Mbak :)

      Hapus
  13. Wah ada Pulau Pasir, Pulau Lengkuas dll..... belum pernah jalan2 ke Pulau Belitung. Bisa jadi destinasi liburn berikutnya nih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ceritaku (My Story), Misteri Kunci Berbau Wangi

The Story Aira Kimberly
            “Ma, tolong buka pintu gerbangnya ya!” Papa menghentikan mobil persis di depan rumah. “Biar aku saja, Pa!” Andika melesat turun. “Kasihan Mama, kan, capek.” “Ini kuncinya,” Mama menyerahkan serangkaian kunci ke tangan Andika lewat jendela depan. Andika menerimanya lalu bergegas menuju ke gerbang. Rumah terlihat gelap karena lampu-lampu belum dihidupkan. Jalanan yang macet membuat mereka Pulang kemalaman dari acara  keluarga di puncak. Dalam kegelapan malam, tangan Andika meraba-raba mencari gembok. Tetapi aneh, gembok besar yang biasanya dengan mudah ditemukan, tidak ada! Andika merasa curiga. Dia mendorong pintu gerbang itu. “Tidak terkunci!” Andika berseru kaget melihat gerbang itu membuka dengan mudahnya. Mobil yang dikendarai Papa lalu masuk ke dalam halaman. “Trims, sayang!” ucap Mama. “Ma, Pa, sepertinya ada yang aneh, deh,” Andika berkata. “Apanya yang aneh, Dika?” tanya Mama. “Masa pintu gerbangnya enggak dikunci?” “Ah, masa?” Papa bergegas mengecek ke …

PELIT?

Seorang teman bilang,"Mbak Aira pelit!" Ucapan ini sungguh menyentak. Teman ini bilang kalau aku pelit berbagi. Pelit berbagi? Ah, masa sih? Selama ini aku merasa aku ini apalah. 2006 lalu, aku ini apalah saat ikutan gabung di pelataran masjid Salman ITB. Ngaririung bersama teman-teman FLP Bandung. 2007, aku ini apalah saat gabung dengan FLP Jakarta. Masih terkenang saat-saat menimba ilmu penulisan di pelataran masjid Amir Hamzah yang terkenal dengan 'mimazah.' Sayang, masjid ini sudah tak ada bekasnya lagi di Taman Ismail Marzuki.

Jadi Percaya Diri Ngantor dengan Derma Angel

Girls, Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalami masalah jerawat. Tau kan bagaimana galaunya jika si makluk kecil yang nggak imut ini muncul? Saat mau pakai bedak di depan cermin terlihat ada bentol merah di permukaan kulit wajah. Gimana bisa tampil cantik dan percaya diri  jika wajah  mulusmu bertotol jerawat!  *Arrgh.   image:pixabay My Story Kalau dipikir-pikir si jerawat ini jahat juga lho. Dia tak kenal situasi sehingga suka datang di saat yang tidak tepat. Halah.. kapan ya ada saat yang tepat buat nerima jerawat bertamu? Hahaha... Kali ini si jerawat datang menghampiri Fafa putriku. Udah tau si Fafa itu harus selalu dalam penampilan prima setiap hari karena dia kan kerja dan harus ketemu banyak orang di kantor. Tapi si jerawat ini, datang tanpa diundang. Dan entah kenapa dia paling suka mampir ke pipi chubby Fafa. So pastilah Fafa kesel bin mangkel. Baperan gara-gara jerawat bisa bikin mood rusak seharian padahal Fafa kan harus selalu ramah dan tersenyum pada para customer. Ke…