Skip to main content

Golongan Darah B VS Lemas!

Menyebalkan adalah kata yang tepat saat tubuhmu terasa ga bugar tapi kau tak tahu apa penyebabnya. Itulah yang terjadi pada saat ini.
                                                             pic : http://img.thesun.co.uk/
Saya merasa lemas, padahal saya sudah sarapan. Saya ga begadang. Saya tidur cukup. Dan saya tidak bekerja melebihi kapasitas kerja biasa.

Lalu dimana salahnya?
Akhirnya saya, mencari tahu. Yang pertama adalah dengan mengecek melalui golongan darah. kali ini adalah khusus untuk golongan darah B.
Mengapa orang bergolongan darah B mengalami lemas?
Ternyata makanan yang masuk ke dalam tubuh juga memberi pengaruh pada kebugaran tubuh. Lha iyalah. Kalau gak makan mana bisa tubuh begerak? Hohoho! :D
Tapi masalah lebih dalamnya adalah pada apa saja jenis makanan yang masuk. Nah, ternyata gak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh semua orang. Kalau dikaji lebih jauh lagi ternyata setiap orang memiliki karakteristik tertentu yang membuat dia lebih cocok dengan jenis makanan tertentu pula. Misalnya bila dikaji dari pengaruh makanan untuk golongan darah. Nah, dalam hal ini saya akan membahas jenis makanan untuk golongan darah B.
Karena awam dan gak mau lama, Saya pun menggunakan dunia maya untuk bertanya.
Nah, dimulai dengan kata kunci di atas, saya pun mulai bertanya-tanya pada simbah. Mungkin di antara ribuan artikel yang simbah Google punya, saya bisa menemukan jawabannya.
Kata salah satu artikel via simbah G, orang yang memiliki golongan darah B ini sangat rentan kena penyakit akibat virus, stress dan bakteri. Juga mudah terkena diabetes.
Namun di sisi lain, orang yang memiliki golongan darah B ini tangguh terhadap penyakit berbahaya lain seperti tumor dan kanker.
Karena rentan terhadap risiko diabetes, virus, bakteri dan stress, maka dia harus menjaga asupan makanannya.
Sebagaimana pepatah tua,"You are what you eat."
Aneka jenis daging kecuali daging asap dan daging ayam,sangat bagus untuk kesehatan orang bergolongan darah B.
Daan, ta daa! Ternyata yang bikin lemas itu ternyata malah biji-bijjian. Orang bergolongan darah B ternyata gak cocok makan biji-bijian seperti jagung, gandum, biji wijen dan kacang tanah. Biji-bijian di atas sangat memengaruhi metabolisme tubuh mereka.
Menimbulkan rasa lemas karena metabolismenya yang kurang. 
Selain beberapa jenis biji-bijian, beberapa jenis buah dan sayur juga tak dianjurkan untuk 
mereka yang bergolongan darah B.
Misalnya Tomat yang bila dikonsumsi bisa menimbulkan reaksi alergi plus menjadi sumber penyakit autoimun.
Sebaliknya orang bergolongan darah B dianjurkan mengosumsi wortel dan aneka sayuran hijau salah satunya adalah brokoli.
Selain sayuran, daging kambing, domba, kelinci, daging rusa dan daging organik juga baik untuk dikonsumsi. Plus ikan salmon, kerapu, dan aneka jenis ikan lainnya.
Nah, makanlah telur satu butir dua kali seminggu plus minum susu skim dalam jumlah terbatas juga dianjurkan. Susu kambing juga boleh tapi dalam  jumlah terbatas. Termasuk keju yang terbuat dari susu kambing, keju mozarella, keju ricotta, keju feta plus produk olahannya seperti yoghurt beku yang bisa dimakan dengan kombinasi buah. Buah pisang, nanas, anggur, pepaya bisa dijus atau dimakan langsung. Anda juga dianjurkan untuk mengosumsi  jus lemon setiap hari. Hmm... ternyata semuanya berawal dari makanan. 

Comments

  1. Replies
    1. Untuk golongan darah O, beda treatmentnya Anisa :)

      Delete
  2. Saya jg O mba anisa. Malah berbalik dgn B, metode dietnya justru hrs menghindari daging2an ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, beda golongan darah beda metode dietnya :)

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…