Skip to main content

4 Tips Bagaimana Menjaga Mood Agar Konsisten Ngeblog

Mengapa saya menulis postingan tentang ini? Karena memang inilah yang telah terjadi padaku beberapa waktu ini.
Bermula dari kesibukan pindahan  rumah (ke dua lokasi rumah bo!) Dan akhirnya tepar karena kelelahan. Blog pun jadi terbengkalai. Padahal rasanya banyak banget  hal yang ingin dibagikan kepada teman-teman via  blog.
Mulai dari tips membeli rumah, tips memilih rumah yang tepat, bagaimana caranya memilih notaris yang tepat, cara pindahan yang praktis, cara mencari angkutan untuk pindahan yang bisa dipercaya, dan segala tetek bengeknya. Plus kisah-kisah di seputar pindahan rumah dan hingga akhirnya menempati rumah baru.
Namun, kembali ya. Mood breaker itu lebih sering singgah daripada mood booster :P
So, setelah tak henti berjuang akhirnya aku bisa kembali duduk manis di depan lepi dan kembali mengetikkan kata demi kata yang selama ini hanya beredar di kepala saja.


Nah, sebelum kembali rajin posting demi bisa sharing ;)  Sekarang aku awali dengan sharing 
4 tips bagaimana menjaga mood agar konsisten ngeblog.
1. Kembali pada niat.
Apa sih niat utamamu saat memutuskan untuk menjadi seorang  blogger? Kalau aku sih niat awalnya writing for sharing alias menulis untuk berbagi. Sayang kan kalau ternyata diantara ratusan perbendaharaan kata yang ada di kepala ternyata ada yang punya arti buat orang lain dan itu dibiarkan saja untuk disimpan sendiri? Misalnya saat aku wara wiri nyari rumah, ityu kan banyak kisah suka dukanya. Yang ketipu iklan kosong lah, jalan kaki hingga puluhan kilo dan segala hal unik lainnya.  Bagus juga kan bila kisah-kisah ini bisa dibagi?  Jadinya teman-teman yang ingin berburu rumah jadi ada bekal dikitlah untuk dipakai saat berburu rumah  ;)

2. Mood.
Nah yang orang yang moody seperti aku ni,  memang harus berusaha banget supaya bisa tetap mood nulis konten. Untuk mengatasinya, pas lagi mood aku langsung nyetok artikel sebanyak-banyaknya untuk konten blog aku. Tapi aneh juga ya kalau kupikir-pikir. Kenapa ya, kalau pas lagi  disuruh nulis orderan artikel konten sama si akang Boss, aku ga moody. Langsung  mau mau aja atuh. Kenapa yaa?  :D

3.Lakukan hal yang berbeda dari biasanya.
Cari inspirasi di tempat yang gak biasa. Biasanya aku tuh suka banget mneyendiri di perpustakaan sembari wara wiri buka-buka aneka buku untuk nyari inspirasi. Nah, biar gak makin bete karena mood lagi buruk, aku lakuin hal lain yang biasanya jarang dilakuin. Misalnya naik motor ke taman kota  menjelang senja. lalu duduk-duduk di sana sembari merhatiin orang-orang.Nanti ada aja yang bisa dijadin bahan untuk nulis  konten  di blog.

4. Amal.
Inibeneran lho. Mau amal apa aja kalau dilakuin dengan ikhlas, hati akan terasa lapang dan mood buruk pun hilang. Amal maksudnya bukan hanya sedekah saja. Banyak hal yang kita lakuin dan bikin orang lain senang itu sudah termasuk amal menurutku ;) 

Nah itu 4 tips bagaimana menjaga mood agar konsisten ngeblog ala saya. Bagaimana dengan teman-teman? Sharing yuk! ^__^  

Comments

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…