Skip to main content

9 Tips Cara Aman Membeli Rumah Impian

"Ada rumah dijual murah nih, komplit dengan isinya sekalian!"
"Benarkah?" info ini bikin mata saya membelalak takjub.
Mengapa tidak. Setelah sebulan lebih wara wiri di sekitar pinggiran Jakarta Selatan, akhirnya ada info rumah murah di lokasi strategis plus perabotannya lagi!
Namun, namanya wanita, tetap saja. Meski tawaran itu terdengar menguntungkan harus tetap teliti.
Dan olala! Setelah cek dan ricek lagi, ternyata itu rumah punya kisah ...
Seorang remaja tewas gantung diri di dalam kamarnya di rumah tersebut!
Jadi, itulah alasannya mengapa rumah tersebut ditawarkan dengan harga murah plus semua isi di dalamnya.

pic from: wwwrumahkucom

Ladies, ternyata mencari rumah non kredit untuk dibeli itu gampang-gampang susah. Gampangnya, karena sebenarnya tiap hari banyak rumah yang ditawarkan hampir di semua wilayah di Indonesia. Namun yang bikin nggak gampang itu, lebih banyak lagi. Mulai dari segi alasan mengapa rumah itu dijual (ini jadi penting jika akhirnya terkait dengan kisah di atas), hingga urusan anggaran.

Nah, karena saya sudah merasakan sendiri suka dukanya, inilah saatnya berbagi 9 tips cara aman membeli rumah impian :
1. Mantapkan dulu, mau beli rumah di daerah mana?
2.Tentukan mau beli rumah baru atau rumah lama?
3.Siapkan anggaran. Anggaran ini sudah dilebihkan tentunya seperti meliputi dana  biaya lain-lain (notaris, pajak, balik nama, dll)
4.Mulai deh hunting alias berburu. Enaknya berburu rumah ya karena yang diburu gak jalan kemana-mana, jadi bisa dilihat dan dikunjungi kapan saja. Namun yang gak bisa diprediksi itu kapan bisa ketemuan sama si penjual rumah tersebut.
Makanya dibutuhkan alat komunikasi untuk bikin janji kapan bisa ketemuan dengan si penjual dan melihat lokasi rumah yang hendak dijual.
5. Pertimbangkan jasa makelar alias broker. Karena jika Anda termasuk orang sibuk, maka Anda buruh bantuan orang lain untuk mencari informasi mengenai rumah yang ingin Anda beli
6.Sabar. Membeli rumah bukan membeli kacang goreng. Anda tinggal bayar, si penjual bungkus dan kacang gorengnya bisa langsung dibawa pulang
7. Teliti. Jika Anda sudah mendapatkan rumah yang Anda impikan selama ini. Telitilah dahulu. Cek apakah rumah itu bermasalah atau tidak. Anda bisa menggunakan jasa notaris untuk melakukan pengecekan mengenai keabsahan surat-surat rumah tersebut.
8. Selesaikan pembayaran secara penuh hanya jika proses balik nama di notaris sudah beres. Ini untuk berjaga-jaga supaya tidak timbul masalah sementara semua uangnya sudah Anda bayarkan.
9. Belilah rumah sesuai dengan kemampuan keuangan dan Anda merasa nyaman di dalamnya.

Demikianlah sedikit pengalaman saya berburu rumah, pada akhirnya setelah semua logika beraksi tetap saja akhirnya hati yang bicara ^___^

Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…