Skip to main content

Cantik dan Awet Muda dengan Ubi Ungu

Ladies, jika ingin awet muda konsumsilah ubi ungu ^_^



                                                       Image : carakhasiatmanfaatcom 

"Halah, ubi ungu. Itu kan hanya sejenis umbi-umbian yang tumbuh di desa?" mungkin ada sebagian orang menganggap remeh.

Memang, jika dibanding aneka buah impor, tentu saja si ubi ungu kalah pamor. Tapi, jangan salah. Ternyata si ubi ungu ini memiliki kandungan berkhasiat yang mampu menjaga kulit kita agar tetap kenyal. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C di dalam si ubi ungu. Vitamin C inilah yang akan memproduksi kolagen yang sangat dibutuhkan untuk elastisitas kulit.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, si ubi ungu juga merupakan sumber antioksidan yang bekerja mencegah terjadinya penggumpalan darah plus juga  bisa menetralisir efek-efek buruk dari pencemaran udara, dan polusi lainnya.

Rahasia Warna Ungu
Ternyata dibalik warna ungunya yang cantik itu, pada zat antosianin yang merupakan pigmen warna ungu pada ubi jalar ungu ini memiliki khasiat sebagai antioksidan.  Dan juga bisa melancarkan aliran darah yang membeku.  Hmm... kemungkinan bisa nih jadi solusi varises di betisku sepertinya ;)

Ubi ungu yang mengandung betakaroten, vitamin E dan vitamin C ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskuler dan sel-sel kanker. Pass banget untuk yang hobi food combining dan mencoba hidup sehat ;) 

Apalagi pencernaan, akan semakin jauh dari gangguan sembelit dan wasir. Karena ubi ungu juga kaya akan pektin dan serat. Di beberapa wilayah Afrika, ubi jalar merupakan sumber karbohidrat di dalam makanan mereka sehari-hari.

Selain itu karena kaya akan betakaroten, otomatis mengosumsi ubi ungu juga akan membawa pengaruh baik bagi kesehatan mata kita.

Untukmu para Ladies yang sedang diet, jangan takut mengosumsi ubi ungu. Meskipun memiliki kandungan gula, tapi si ungu nan cantik ini tetap aman bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Si ubi ungu bisa menjadi salah satu alternatif pengganti karbohidrat karena lebih aman dibanding nasi.

Cara Mengosumsi 
Ubi ungu sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan sudah dikukus atau dibakar. Jika dikonsumsi dalam bentuk makanan olahan lain, sudah pasti komposisi gizinya akan banyak berubah atau bahkan berkurang.

Ubi ungu juga bisa dijadikan bahan salad yang segar atau rujak lho! Jika kamu bosan memakannya dalam bentuk ubi rebus atau ubi panggang.


                                                             image: sehatpluscom

Namun tak ada salahnya mencoba aneka masakan berbahan ubi ungu seperti brownies, kue-kue, agar bahkan es krim. Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan tentunya. So, keep healthy keep happy!^__^

Comments

  1. Aku suka banget ubi ungu ini. Tapi kalo dibikin kolak, kurang bagus, kuahnya jadi ungu gelap ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mak, karena kandungan betakarotennya yang banyak itu bikin warna ungunya pekat banget ya :D Tapi kalau bikin pie ubi ungu sepertinya enak juga tuh ;)

      Delete
  2. Makanan kesukaan nih..
    Ubi ungu..
    Biasanya sih aku rebus mak, gt aja udh enak, apalgi dimakan anget2, tra pas laper lapernya..maknyuusss..
    Tengkiu infonya y mak :)

    ReplyDelete
  3. memang ubi ungu itu lebih manis daripada ubi biasa dan sekarang olahan ubi sudah beraneka ragam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak. Orang Indonesia kan dikenal kreatif ;)

      Delete
  4. Ini kesukaanku. Banyak banget di Gunung Kawi. :D

    ReplyDelete
  5. Duh, baru tau kalau bisa di buat salad dan es krim. Kreatif banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk bikin juga mbak! Orang Indonesia kan kreatif ;)

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…