Skip to main content

Rambutan Si Buah Cantik Multiguna

Ladies, pasti sudah pada tahu ya kalau Rihanna si penyanyi bersuara cantik itu penyuka buah rambutan?
Wah. Jadi heran kan? Apa sih istimewanya buah berambut merah ini? Di saat banyak diantara kita lebih tertarik dengan buah-buahan impor seperti apel washington, anggur, peach dan sejenisnya,
penyanyi Amerika ini malah terpesona makan rambutan. Salah satu buah dari negeri  tropis yang bahkan tak bisa tumbuh di Amerika sana.
Nah, mau tahu hal apa saja yang membuat rambutan istimewa? Berikut sejumlah keistimewaan buah rambutan:




7 hal yang menarik tentang buah rambutan:
1. Buah rambutan lebih suka tumbuh di daerah tropis yang bersuhu tropis sekitar 25 derajat Celcius.
Tingginya  bisa mencapai  8 meter!

2. Bernama  latin nephelium lappaceum, si cantik berwarna cerah ini hanya bisa ditemukan tersebar di  kawasan tropis seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Filifina, Vietnam, dan sejumlah pulau-pulau di kawasan asia tenggara.  Meskipun demikian rambutan juga bisa tumbuh di kawasan Afrika, Karibia dan Amerika Tengah.

3.Komposisi nutrisi yang dikandung oleh rambutan antara lain adalah  vitamin C, kalsium, zat besi, protein, sodium, zinc,  magnesium, vitamin A, thiamin, riboflavin, fiber, dan sejumlah nutrisi lain, membuat para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa  mengosumsi 5 buah  rambutan setiap hari bisa meminimalisir serangan kanker! Selain itu  buah rambutan juga efektif  dalam menurunkan tekanan darah .

4. Rambutan dikenal juga dengan sebutan tanaman multiguna. Karena bukan hanya buahnya saja yang bermanfaaat. Minyak minyak biji rambutan biasanya digunakan untuk pembuatan lilin dan sabun. Daun dan akar pohon rambutan juga biasa digunakan utnuk pengobatan.

5.Mengingat fungsinya yang multiguna, budidaya rambutan bisa menjadi salah satu alternatif sumber penghasilan bagi penduduk Indonesia. Karena buah rambutan tak hanya bisa disantap dalam keadaan segar. Buah rambutan juga bisa diolah menjadi aneka penganan seperti manisan rambutan, buah rambutan kalengan, kripik rambutan, dan sebagainya. Produk-produk ini  bisa diekspor ke manca negara sehingga menjadi tambahan devisa untuk negara kita.

Demikian sesi berbagi kali ini. Semoga bisa menginspirasi ^__^

Comments

  1. wah baru tau nih kalo rihanna suka rambutan :D
    kira-kira ada gak yaa artis hollywood laen yang suka buah duren?

    mak blognya udah aku follow yaa..
    yuk kita saling follow #KEB
    daridan.blogspot.com ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca tentang Rihanna di sebuah majalah luar mak. Kalau ada artis Hollywood yang suka duren ga tau juga ya? mungkin ada hehe :D Thanks dah follow blog aku. Aku follback ya ^__^

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Mengajar Anak Menulis Cerita Anak

Orang tua mana sih yang tak bangga jika anaknya punya kemampuan khusus hingga punya prestasi? Apalagi jika kemampuan tersebut tak dimiliki oleh semua anak atau unik. Salah satunya adalah kemampuan untuk menulis. Dalam hal ini, saya khusus membahas tentang menulis cerita anak yang masuk ke dalam ranah fiksi.
Ada tiga kategori tulisan yang kita bisa kenali yaitu karya fiksi, non fiksi dan faksi yang merupakan campuran dari karya fiksi dan non fiksi alias fakta dan fiksi.
Nah, kembali pada topik mengajar anak menulis cerita. Berdasarkan pengalaman saya mengajar anak-anak, termasuk anak sendiri, hal yang paling penting adalah tidak memaksa anak. Dianjurkan anak ikut kelas menulis atas keinginan sendiri.
Sungguh beruntung jika anak tersebut sudah punya minat dan bakat. Tinggal terus berlatih dan banyak membaca sambil terus didampingi, maka insya Allah karya anak tersebut akan cepat berkembang ke arah yang lebih baik.
Dilanjutkan dengan membekali anak dengan ilmu bagaimana menulis cerita anak y…

Belajar Bersama di Kuliah Online Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau lebih kita kenal dengan UT ini, merupakan Perguruan Tinggi negeri ke 45 di Indonesia.UT diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dengan berdasarkan kepada Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Nah, dalam rangka milad ke 30 tahun UT, dengan dedikasi dan pengalamannya yang sudah teruji, Universitas Terbuka mempersembahkan Kuliah Terbuka Online. Targetnya adalah masyarakat luas dari segala lapisan.Kalau saya sih semangat sekali bisa ikut karena Rasulullah saw kan menyuruh kita untuk belajar sepanjang hayat :)  Yuks, bagi yang berminat aku bagi infonya disini ;)
Step 1 : Kita masuk dulu ke laman MOOC UT, yaitu dengan cara klik link berikut :                                                                    http://moocs.ut.ac.id/ 

kemudian klik tulisan Login berwarna biru muda di sudut kanan atas. Maka akan keluar tampilan berikut : 

Ada permintaan akan Username dan password jika Anda hendak melanjutkan masuk ke dalam laman ini. Namun jika Anda baru berkunjung…